Prinsip Kerja Motor Starter

advertisement
advertisement
Motor starter bekerja dengan cara mengubah energi listrik menjadi energi mekanik (tenaga putar). Proses ini memanfaatkan hukum kaidah tangan kiri Fleming (fleming left hand).

Kaidah tangan kiri Fleming menjelaskan bahwa "Apabila terdapat arus listrik mengalir pada sebuah konduktor sementara konduktor tersebut berada di dalam medan magnet, maka konduktor tersebut akan bergerak dan terdorong sesuai garis gaya magnet yang ditunjukkan dengan kaidah tangan kiri fleming".

Hubungan antara arah arus listrik yang mengalir dengan arah garis gaya magnet dan arah gaya dorongan yang terjadi pada konduktor, ditunjukan dalam tiga jari tangan kiri.

prinsip kerja motor starter - kaidah tangan kiri flemings

Ibu jari (jempol) menunjukkan kemana arah konduktor bergerak, jari telunjuk menunjukkan arah medan magnet dari kutub utara (N,North) ke kutub selatan (S, South), sedangkan jari tengah menunjukkan arah arus listrik yang mengalir di dalam konduktor.

Pada motor starter, kaidah tangan kiri Fleming ini kemudian di kembangkan sedemikian rupa sehingga gerakan konduktor bisa menjadi gerakan berputar. Perhatikan pada skema sederhana tentang prinsip kerja motor starter pada gambar dibawah ini

prinsip kerja motor starter - skema sederhana

Lihat gambar diatas tepat pada bagian armature. Pada bagian armature, kawat konduktor yang berada di dalam medan magnet dibuat seperti huruf U. Hal ini akan membuat arah arus listrik yang masuk memiliki arah yang terbalik dengan arah arus listrik yang keluar.

Berubahnya arah arus yang masuk dan keluar juga akan mempengaruhi gaya dorong yang dihasilkan masing-masing konduktor. Akibatnya, konduktor ini akan berputar saat arus listrik mengalir. Perhatikan arah gaya dorong konduktor pada gambar dibawah berikut

prinsip kerja motor starter - arah gerak konduktor

Karena konduktor tersebut diletakan pada sebuah poros/shaft, menyebabkan gaya putar yang dihasilkan akan selalu muncul secara berkesinambungan. Agar aliran listrik tetap mengalir ke dalam konduktor yang berputar tersebut maka digunakanlah komutator dan sikat (brush) dibagian ujung masing-masing kawat konduktor.

Jika kita perhatikan pada komponen motor starter, maka kita bisa menemukan bahwa
  1. Kumparan medan (Field Coil) ini berfungsi sebagai magnet tidak permanen (bekerja secara elektromagnet) yang kekuatan medan magnetnya akan diperkuat oleh pole core. Masing-masing kumparan medan didalam yoke ini disusun sedemikian rupa sehingga dapat mengeluarkan garis gaya magnet yang bergerak dari kutub utara ke kutub selatan.
  2. Kumparan Armature (Armature Coil) berfungsi sebagai kawat konduktor yang akan berputar mengikuti arah gerak konduktor sesuai dengan kaidah tangan kiri fleming.
  3. Komutator berfungsi sebagai penghubung kumparan kawat konduktor di armature
  4. Carbon brush (sikat arang) berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari kumparan medan ke armature coil melalui komutator lalu ke massa/ground.

Prinsip motor starter ini pada umumnya hampir menyamai prinsip kerja generator listrik (Alternator). Namun bedanya, generator listrik mengubah energi mekanik (putaran) menjadi energi listrik sedangkan motor starter bekerja sebaliknya. Demikianlah prinsip kerja motor starter ini bisa disampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.
advertisement