Fungsi Armature dan komponen-komponennya.

advertisement
advertisement
Armature pada motor starter merupakan susunan beberapa komponen yang disusun menjadi satu unit tak terpisah sehingga membentuk armature. Fungsi Armature adalah untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak dalam bentuk gerak putar.

Energi listrik yang dialirkan dari aki mobil, oleh Armature akan diubah menjadi medan magnet sehingga medan magnet yang tercipta antara kumparan Armature dengan medan magnet yang muncul pada kumparan medan (Field Coil) akan saling bereaksi dan saling tolak menolak sehingga terciptalah gerak berputar pada armature.

Jumlah kumparan pada inti Armature dapat mempengaruhi tenaga puntir yang dihasilkan oleh armature. Semakin banyak jumlah kumparan yang digunakan maka tenaga puntir yang dihasilkan juga akan semakin kuat, selain itu putaran armature juga akan tetap stabil dan kencang.

Baca juga :

Berikut adalah nama komponen-komponen pembentuk armature beserta fungsinya

fungsi armature

  1. Poros Armature (shaft); berfungsi menjadi poros tempat armature dipasang sekaligus sebagai poros penyalur tenaga putar yang dihasilkan kumparan armature. Pada kedua ujung shaft armature masing-masing di topang oleh bearing yang bertujuan agar armature dapat berputar dengan stabil diantara field coil.
  2. Kumparan Armature; Kumparan armature merupakan susunan kawat tembaga yang disusun mengelilingi inti armature dimana pada masing-masing ujungnya terhubung langsung dengan komutator.
  3. Inti Armature merupakan kumpulan plat besi yang disusun dan dibentuk menjadi satu sehingga menjadi inti armature. Inti armature ini digunakan sebagai tempat lilitan dan gulungan kumparan kawat tembaga yang berujung di komutator.
  4. Komutator merupakan kumpulan segmen-segmen plat tembaga yang disusun melingkari poros armature dan merupakan ujung dari kumparan pada armature coil. komutator ini nantinya akan terhubung dengan brush positif dan negatif.
Demikianlah artikel fungsi armature dan komponen-komponennya bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.
advertisement